Education Center Sidomulyo: Memaknai Sumpah Pemuda

Pada tanggal 28 Oktober 2016, Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke-88. Dan di hari Selasa, 1 November 2016, kami menjalankan kegiatan yang bertemakan Hari Sumpah Pemuda. Memang hari peringatan telah jatuh 3 hari sebelumnya, namun semangat dan suasana nya masih sangat terasa sehingga kami dengan penuh antusias membawa tema ini ke anak-anak dampingan kami. Kami meminta anak-anak untuk mewarnai gambar dan membuat tulisan tentang Hari Sumpah Pemuda. Kami mendampingi anak-anak untuk bersama-sama menuliskan harapan mereka tentang pemuda Indonesia.

“Semoga pemuda Indonesia bisa punya banyak karya  yang mengguncang dunia.”

Begitulah salah satu harapan yang dituliskan oleh salah satu anak dampingan kami di EC Sidomulyo, Noventi. Noventi adalah salah satu anak dampingan kami yang tidak pernah absen mengikuti kegiatan kami. Ia selalu datang setiap Selasa sore untuk belajar dan bermain bersama kami.  Noventi adalah anak yang santun dan pintar. Ia santun dalam berbicara maupun berperilaku. Ia juga memiliki prestasi dan keterampilan yang membanggakan.

Saat ini, Noventi masih duduk di kelas 3 SMP. Dan mengenai Hari Sumpah Pemuda, Noventi mengatakan bahwa menurutnya hari tersebut merupakan hari bangkitnya pemuda Indonesia. Menurutnya, pemuda Indonesia seharusnya bisa lebih kreatif dan mempunyai semangat yang tinggi untuk membangun Indonesia lebih baik. Ia mempunyai harapan agar pemuda Indonesia bisa punya banyak karya yang mengguncang dunia. Dan diakhir tulisannya, Noventi juga mengutarakan bahwa ia berharap kelak dapat menjadi desainer, desainer yang mempunyai karya yang membanggakan keluarga, bangsa dan negara serta dapat meginspirasi para pemuda lainnya untuk terus berkarya memajukan Indonesia.

Selain Noventi, anak dampingan lain yang juga menuliskan harapannya untuk pemuda Indonesia adalah Celvia.

“Semoga pemuda Indonesia bisa terus menjunjung tinggi  nama baik Indonesia.”

Kurang lebih seperti itulah harapan yang Celvia tuliskan pada peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini. Celvia saat ini duduk di bangku kelas 4 SD. Dan di kegiatan hari itu, Celvia dengan polos mengakui bahwa ia tahu Sumpah Pemuda karena ia belajar itu di sekolah namun ia belum memiliki banyak pengetahuan tentang Hari Sumpah Pemuda. Ia pun menyampaikan bahwa satu hal yang ia ketahui dengan pasti adalah bahwa pemuda Indonesia itu baik. Dengan tulus hati ia mengungkapkan bahwa para pemuda Indonesia adalah para pemuda yang baik dan ia sangat berharap sekali agar mereka bisa terus menjunjung tinggi nama baik Indonesia.

Menyusul Noventi dan Celvia, ada Rifky yang juga turut serta menuliskan harapannya untuk peringatan Hari Sumpah Pemuda.

“Semoga pemuda Indonesia dapat lebih cerdas.”

Menjadi pemuda yang lebih cerdas adalah harapan Rifky untuk para pemuda Indonesia. Sebuah harapan yang mulia dari  seorang anak kelas 6 SD. Sebuah harapan yang terdengar singkat dan sederhana namun sebenarnya mengandung arti yang lebih besar.

Rifky adalah satu dari lima anak laki-laki dampingan kami. Dia adalah anak yang sangat aktif dan senang sekali bercandagurau dengan teman-temannya. Dia termasuk anak yang lebih senang bermain daripada belajar. Cukup susah untuk berbincang-bincang tentang sesuatu yang serius dengannya. Namun hari itu, tulisannya tentang harapan untuk pemuda Indonesia membuat terenyuh. Ia menulis jika seharusnya pemuda Indonesia dapat bersama-sama menghentikan narkoba. Ia mengungkapkan kekhawatirannya akan bahaya narkoba. Maka dari itu ia mempunyai harapan agar pemuda Indonesia dapat lebih cerdas. Lebih cerdas dalam menggunakan masa muda mereka, menjauhi narkoba sehingga dapat berkarya dan membawa nama baik Indonesia di kancah dunia.

Tiga harapan tadi hanyalah sebagian harapan yang ditulis oleh anak-anak dampingan EC Sidomulyo. Selain anak-anak dampingan kami, di luar sana pasti banyak pula yang mempunyai harapan-harapan emas untuk generasi muda Indonesia. Pemuda Indonesia, marilah kita semua bersama-sama menyelamatkan bangsa Indonesia dengan terus berkarya dan mengisi masa muda dengan hal-hal yang positif. Mari guncangkan dunia dan junjung tinggi nama baik serta martabat bangsa Indonesia. Selamat Hari Sumpah Pemuda yang ke-88, semangat berjuang!

- Dian (Relawan divisi Education Center Sidomulyo)

Tags: , , , , ,

Post a new comment